Home > Web Engineering > Pengenalan Web Engineering

Pengenalan Web Engineering

Rekayasa web adalah proses yang digunakan untuk menciptakan aplikasi web yang berkualitas tinggi. Rekayasa web mengadaptasi rekayasa perangkat lunak dalam hal konsep dasar yang menekankan pada aktifitas teknis dan manajemen. Namun demikian adaptasi tidak secara utuh, tapi dengan perubahan dan penyesuaian. Rekayasa web gabungan antara web publishing (suatu konsep yang berasal dari printed publishing) dan aktifitas rekayasa perangkat lunak. Dikatakan demikian karena desain sebuah aplikasi web menekankan pada desain grafis, desain informasi, teori hypertext, desain sistem dan pemrograman.

Ciri dan sifat WebApp (Web Application)


Aplikasi web berbeda dari software lain karena hal-hal dibawah ini:

  1. Network intensive. Sifat dasar dari WebApp (aplikasi web) adalah aplikasi ini ditujukan untuk berada di jaringan dan memenuhi kebutuhan komunitas yang berbeda.
  2. Content-Driven. Sebagian besar fungsi dari WebApp adalah untuk menyajikan informasi dalam bentuk teks, grafik, audio dan video ke end user.
  3. Continuous evolution. Selalu berkembang secara terus menerus.
  4. Document-oriented. Halaman-halaman situs yang statis akan tetap ada sekalipun sudah ada pemrograman web dengan java atau yang lain.

Selain itu WebApp memiliki karakteristik seperti berikut ini :

  1. Immediacy. Diperlukan segera untuk memenuhi ditayangkan, dipasarkan dalam waktu singkat.
  2. Security. Untuk melindungi isi yang sensitif dan menyediakan pengiriman data yang aman, keamanan suatu WebApp harus diterapkan pada seluruh infrastruktur yang mendukung WebApp dan termasuk dalam WebApp sendiri.
  3. Aesthetics. Daya tarik utama WebApp adalah tampilan dan keindahan. Jika WebApp digunakan untuk memasarkan suatu produk maka sisi aestetika harus diperhatikan sebagaimana sisi teknis.

Faktor-faktor yang menentukan kualitas suatu web digambarkan pada gambar 1.

Faktor-faktor kualitas pada gambar 1 adalah faktor-faktor yang membantu web developer dalam merancang dan membangun webapp yang dapat diterima dan memenuhi kebutuhan end user yang begitu beragam. Untuk memenuhi faktor-faktor kualitas tersebut, perancangan dan implementasi webapp terkait dengan 3 teknologi yang sangat penting yaitu: component-based
development, security dan standart Internet. Seorang web developer harus mengenal 3 teknologi ini untuk membangun webapp yang berkualitas:

  • Component-based development : CORBA,DCOM/COM dan JavaBeans merupakan standar yang memungkinkan web developer menggunakan komponenkomponen yang sudah ada untuk berkomunikasi dengan sistem pada level lain.
  • Keamanan: enkripsi, dan firewall
  • standart Internet: HTML, XML

Dikutip dari Umi Proboyekti, S.Kom, MLIS, Rekayasa Perangkat Lunak Teknik Informatika UKDW



Categories: Web Engineering
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: